SURABAYAONLINE.CO, GRESIK – Niche market atau pasar yang sangat fokus terhadap suatu jenis atau layanan tertentu ini tidak boleh ditinggalkan. Karena bisa jadi pasar tersebut memberikan profitability yang sangat besar bagi perusahaan.
Direktur Utama Petrokimia Gresik, Rahmad Pribadi mengakui pupuk khusus florikultura merupakan pasar potensial yang belum tergarap maksimal oleh Petrokimia Gresik maupun produsen pupuk lainnya.
“Pupuk Florikultura adalah salah satu media bagi Petrokimia Gresik, untuk penetrasi ke niche market guna mendukung transformasi bisnis perusahaan,” ujar Rahmad.
Penetrasi pasar florikultura ini, tambah Rahmad, merupakan bagian dari strategi transformasi bisnis Petrokimia Gresik, yang salah satunya menekankan upaya segmenting dan targeting. Setiap segmen akan dipenetrasi dengan brand tertentu, sesuai dengan customer behavior.
“Florikultura merupakan pasar premium, produk yang kita siapkan juga harus sesuai dengan kebiasaan mereka, sehingga mudah untuk diterima,” jelasnya.
Diuraikan Rahmad, kalau budidaya melati adalah pasar yang tidak sensitif terhadap harga. Mereka lebih mengharapkan hasil yang maksimum, cocok untuk pasar premium.
“Petrokimia Gresik memiliki potensi untuk mengisi pasar budidaya melati ini,” ujar Rahmad Priibadi usai mengunjungi sentra budidaya melati Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Jawa Tengah.(san)