SURON.CO, Surabaya – Ramadan menjadi momen yang dinantikan banyak masyarakat Indonesia. Dalam menyambut bulan puasa, selain mempersiapkan diri secara spiritual, masyarakat juga semakin antusias membeli berbagai kebutuhan Ramadan.
“Hal ini dibuktikan dari data internal Tokopedia bahwa menjelang Ramadan 2023. Ada peningkatan jumlah kunjungan pada halaman produk (product page view) sebesar lebih dari 1,5 kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya,” jelas Direktur Corporate Affairs Tokopedia Nuraini Razak, Selasa (21/3).
Penjualan kurma, madu, dan sirup di Tokopedia melesat jelang Ramadan 2023 menjadi sejumlah kategori paling dicari melalui Tokopedia. Nuraini menambahkan bahwa pada periode yang sama, bumbu dan bahan masakan, makanan ringan, obat-obatan, aksesori motor dan perlengkapan kebersihan menjadi beberapa produk terlaris di Tokopedia.
Bulan puasa tidak terpisahkan dari momen sahur dan berbuka. “Tokopedia berupaya membantu masyarakat mendapatkan produk makanan dan minuman. Termasuk untuk sahur dan berbuka lewat berbagai kampanye. Salah satunya Tokopedia Nyam! yang menyediakan diskon hingga 90 persen untuk menu pilihan sambut Ramadan,” kata Nuraini.
Nuraini menambahkan, masyarakat sudah mulai membeli produk makanan dan minuman khas Ramadan. Terbukti dari data Tokopedia yang memperlihatkan bahwa kurma, madu, dan sirup mengalami peningkatan transaksi sebesar 3 kali lipat. “Ada peningkatan penjualan rata-rata hampir 4 kali lipat untuk daging sapi dan bawang di momen jelang Ramadan tahun ini,” ungkap Nuraini.
Fesyen muslim menjadi kategori paling diserbu masyarakat lewat Tokopedia. Selain itu, perlengkapan ibadah, seperti tasbih digital, sajadah, rompi salat, mukena, dan sarung merupakan sejumlah produk paling diburu.(*)