Minke.id – Bank Tabungan Negara (BTN) Kantor Cabang (KC) Malang sukses menggelar Bale Festival pada 19-21 Maret 2025 di Kantor BTN Cabang Malang, Jalan Ade Irma Suryani, Klojen, Kota Malang. Acara ini menjadi wadah untuk memperkenalkan digitalisasi perbankan serta mendorong kolaborasi dengan UMKM dan pelaku usaha lainnya.
Deputi Branch Manager Business BTN KC Malang, Budi Siswaya, menjelaskan bahwa konsep Bale adalah ekosistem digital yang mengintegrasikan seluruh layanan dan program BTN, termasuk BTN Mobile dan berbagai fitur digital lainnya.
“Dulu BTN Mobile terpisah-pisah, sekarang semuanya menjadi satu dalam Bale. Mulai dari mobile banking, merchant kami, hingga sistem voucher dan poin reward, semuanya sudah terhubung ke dalam satu ekosistem,” jelasnya.
Sebagai pilot project digitalisasi untuk wilayah Bali, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara, BTN Malang telah mewadahi 6.500 merchant yang terintegrasi dalam sistem Bale. Dengan semakin berkembangnya transaksi digital, BTN menekankan pentingnya kolaborasi dengan UMKM dan merchant sebagai jembatan transaksi modern.
“Kami memberikan pengalaman digital bagi merchant tanpa biaya tambahan. Nasabah kami juga diarahkan untuk memahami sistem ini agar lebih mudah bertransaksi secara digital,” tambah Budi.
Tidak hanya untuk UMKM dan merchant, Bale Festival 2025 juga melibatkan berbagai kolega dan asosiasi yang bekerja sama dengan BTN, seperti Asosiasi pengembang properti, Notaris, dan Broker properti.
Selain mendorong transaksi cashless, BTN tetap mempertahankan bisnis utamanya, yaitu penyaluran kredit. Lewat Bale Festival, BTN Malang ingin menunjukkan bahwa perbankan terus beradaptasi dengan perkembangan digital sambil tetap mendukung pertumbuhan sektor usaha di Indonesia.
Dengan adanya festival ini, BTN berharap semakin banyak nasabah, pelaku UMKM, dan merchant yang dapat memanfaatkan ekosistem digital untuk meningkatkan transaksi dan pertumbuhan bisnis mereka.