Minke.id – Pemerintah terus mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif dan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Hal ini diwujudkan melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Teuku Riefky Harsya di Jakarta, Minggu (23/03/2025).
Kesepakatan ini menjadi langkah strategis dalam pengembangan produk UMKM kreatif, baik untuk pasar domestik maupun global.
Mendag Budi Santoso menegaskan bahwa MoU ini mencakup beberapa aspek penting yang berperan dalam memperkuat UMKM kreatif. Ruang lingkup kerja sama ini meliputi pengembangan produk kreatif agar lebih inovatif dan berkualitas, peningkatan kapasitas SDM melalui pelatihan dan pendampingan.
Kemudian, fasilitasi pemasaran produk kreatif, baik di pasar lokal maupun ekspor, perlindungan dan komersialisasi kekayaan intelektual produk kreatif, dan kolaborasi strategis lainnya yang mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif.
Menurut Mendag, kesepakatan ini bertujuan meningkatkan nilai tambah produk UMKM dan menjadikannya lebih kompetitif di tingkat internasional. Kementerian Perdagangan juga akan memperkuat sinergi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk memperluas ekosistem ekspor produk kreatif Indonesia.
Menparekraf Teuku Riefky Harsya menekankan pentingnya pendekatan Hexahelix, yaitu kolaborasi antara pemerintah, akademisi, lembaga keuangan, komunitas, dunia usaha, dan media.
“Kami fokus pada pengembangan riset, pendidikan, dan perlindungan kreatif agar ekosistem ekonomi kreatif semakin kuat. Dengan pendekatan ini, kami optimistis program unggulan Kemenparekraf akan memberikan dampak luas bagi pelaku ekonomi kreatif,” jelasnya.
Penandatanganan MoU ini dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi, antara lain Nugroho Sulistyo Budi, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara, Isy Karim, Sekjen Kemendag, Fajarini Puntodewi, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional, Arief Wibisono, Sekretaris Ditjen PEN, Ari Satria, Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif, Dewi Rokhayati, Direktur Pemasaran Produk Dalam Negeri, Sukoco, Kepala Biro Perencanaan, dan N.M. Kusuma Dewi, Kepala Biro Hubungan Masyarakat.
Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan UMKM kreatif Indonesia dapat semakin berkembang, memiliki daya saing tinggi, dan mampu menembus pasar global.