SURON,CO, Yogyakarta – Mitme.id terus berkomitmen dalam membantu tumbuh kembang UMKM di Indonesia. Melalui kolaborasi dengan komunitas Rise Up UMKM X Baim Wong, yaitu Peran Publikasi dan Komunikasi dalam pengembangan UMKM, Mitme.id mengajak UMKM untuk terus survive dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi.
Dalam proses sosialisasi strategi komunikasi UMKM, Penakita yang telah meluncurkan Mitme.id, menggandeng komunitas Rise Up UMKM x Baim Wong, Pemilik Tiger Wong Entertainment dalam membantu dan mendorong usaha kecil naik kelas untuk terus mengembangan strategi komunikasinya.
Menurut Baim Wong, UMKM harus menyiapkan strategi marketing produk agar semakin dikenal agar konsumen tertarik untuk membeli produk ketika produk itu dipromosikan seseorang yang juga sudah terkenal atau menggunakan mereka sebagai brand ambassador.
“Sehebat-hebatnya brand jika tidak ada marketing sama saja. Jadi kenapa ada saya, kenapa ada Mitme.id, Saya mewakili KOL, Mitme mewakili media. Nah pentingnya ada kami di sini ya untuk marketing-nya UMKM. Tapi balik lagi, kami tidak bisa ngasal mempromosikan, karena produk UMKM harus memiliki nilai unik dan menarik,” katanya.
Hal itu dikatakannya dalam pelatihan dan mentorship kepada 100 UMKM Yogyakarta dari berbagai sektor. Selain Baim, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM (Diskop UKM) DIY Srie Nurkyatsiwi, dan CEO PT Kreasi Pena Indonesia, Adhitya Noviardi.
Baim mengaku sudah mendalami dunia UMKM sejak 6 tahun yang lalu. Menurutnya, Bakpia Wong Yogyakarta merupakan salah satu produk rintisan yang mendukung UMKM dan berhasil ia kembangkan. Menyusul setelahnya Roti Romi yang hingga saat ini cukup banyak peminatnya. “UMKM itu sebenernya bisa dibesarkan asal memiliki kualitas produk bagus, nilai jualnya bagus,” katanya.(*)