SURON.CO, Surabaya – Semester kedua 2023 sudah di depan mata. Bagi pemilik bisnis, khususnya UMKM, pertengahan tahun menjadi waktu yang tepat untuk memonitor dan mengevaluasi performa bisnis selama semester pertama agar dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum mengembangkan strategi bisnis untuk sisa waktu jelang akhir tahun.
CEO Entrepreneur Solutions Sirclo Ferry Tenka mengatakan, sebagai omnichannel commerce enabler yang melayani bisnis berbagai skala termasuk UMKM, pihaknya menyadari pentingnya periode pertengahan tahun bagi pemilik bisnis. Periode ini memungkinkan pemilik bisnis untuk menarik wawasan selama enam bulan ke belakang dan menjadikannya sebagai basis yang kuat untuk menyusun strategi hingga akhir tahun.
“Dengan optimisme perekonomian nasional pada awal tahun serta pola perilaku konsumen yang semakin terbentuk pasca pandemi, kami yakin pelaku UMKM dapat secara konsisten meningkatkan performa penjualan hingga akhir tahun,” jelasnya.
Tentunya hal ini dapat terwujud dengan strategi bisnis yang terpadu serta pemanfaatan teknologi yang maksimal. Sirclo melalui Sirclo Store siap mendorong pelaku UMKM berjuang meraih pencapaian yang bermakna sepanjang tahun 2023.
Untuk itu, Ferry membagikan tiga tips bagi para pelaku UMKM dalam mengevaluasi kinerjanya agar siap menghadapi semester kedua 2023.
Pertama, pentingnya memanfaatkan momentum spesial dalam meluncurkan kampanye marketing. Merek yang kuat dan dikenal di pasaran dapat membantu pelaku UMKM menarik pelanggan, memperkuat posisi merek di pasar, hingga akhirnya meningkatkan profitabilitas.
Namun, jika strategi pemasaran tidak diperbarui serta tidak sesuai dengan tren pasar dan target audiens, hal tersebut dapat menjadi hambatan untuk meningkatkan visibilitas bisnis di mata konsumen. Oleh karena itu, peremajaan strategi kampanye marketing menjadi hal yang penting bagi pelaku UMKM agar dapat memperkuat relevansi mereka di pasar yang terus berkembang.
Kedua, ketahui waktu favorit belanja konsumen. Berdasarkan data internal Sirclo, selama kuartal pertama 2023 waktu favorit belanja konsumen terbagi menjadi dua rentang waktu, yakni pagi dan malam hari.
“Di pagi hari, konsumen rata-rata aktif berbelanja dari pukul 10.00-12.00. Sedangkan pada malam hari, konsumen aktif berbelanja di waktu pasca beraktivitas, yaitu pukul 19.00 hingga 21.00,” katanya.(*)