SURON.CO, Surabaya, – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop-UKM Jatim) terus berupaya memfasilitasi layanan dan konsultasi bagi para pelaku UMKM.
Layanan yang diberikan berupa fasilitasi pendaftaran merek bagi UMKM, pendaftaran halal, dan pendampingan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB).
Ada juga fasilitasi desain, logo, kemasan, dan foto kemasan. Kemudian fasilitasi uji lab bagi UMKM untuk percepatan Izin Edar Produk, serta pendampingan Good Manufacturing Practices (GMP), Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP), International Organization for Standardization (ISO), Standar Nasional Indonesia (SNI), dan proses sertifikasi.
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jatim Andromeda Qomariah, menegaskan UMKM Corner Layanan dan Konsultasi merupakan kegiatan pendekatan layanan dan jemput bola pihaknya.
Kegiatan mendekatkan layanan dan jemput bola seperti ini sudah sering dilakukan. Bahkan hampir di setiap event Pemprov Jatim yang melibatkan UMKM dan selalu membuka stan khusus. “Dengan harapan masyarakat akan semakin banyak yang memanfaatkan layanan ini,” tegasnya.
Selain di event-event tertentu, ditegaskan Kadis Andromeda bahwa layanan fasilitasi perizinan usaha bisa diakses setiap hari. Masyarakat cukup mengakses media sosial maupun website Diskop-UKM Jatim untuk mendaftarkan perizinan yang dibutuhkan dan semua gratis.
Bahkan untuk pengurusan NIB, kita sering datang langsung ke lokasi jika ada yang mau mengurus NIB secara komunal. Seperti di Tulungagung difasilitasi 50 pelaku usaha para eks pekerja migran yang kemudian membuka usaha dan ingin membuat NIB. “Jadi kita bisa melayani bahkan dengan mendatangi mereka langsung,” tegas Andromeda.(*)