SURON.CO, Sidoarjo – Muhammad Zakaria Dimas Pratama, seorang pengusaha muda sukses mengembangkan bisnis pemasaran digital bagi produk pelaku UMKM di Kabupaten Sidoarjo.
Yang menarik, Dimas tidak memiliki keberuntungan sebesar pengusaha muda lainnya yang lahir dari keluarga kaya. Ayah Dimas bekerja sebagai kuli bangunan, sementara ibunya adalah seorang ibu rumah tangga.
Siapa yang dapat mengira bahwa pemuda kelahiran 17 September 1994 ini pernah membantu sang ayah dengan bekerja sebagai kuli bangunan untuk membayar sekolahnya. Namun, justru keterbatasan itulah yang membentuknya menjadi sosok yang mandiri dan pekerja keras.
Melihat pertumbuhan industri kreatif yang terus meningkat di Tanah Air, Zakaria Dimas melihat peluang bisnis dan kesempatan untuk membangun bisnis pemasaran digital bagi produk UMKM di Sidoarjo.
Sebagai lulusan Ilmu Komputer dari Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida), dia mendirikan startup di bidang industri digital kreatif. “Kami fokus pada agensi digital marketing untuk produk-produk pelaku UMKM di Kota Delta,” katanya.
Dia menyebutkan, Kabupaten Sidoarjo dikenal sebagai Kota UMKM Indonesia. Namun menurut dia, pelaku UMKM di Sidoarjo sangat lemah dalam memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan digitalisasi dalam pemasaran produk.
Melalui platform digitalnya, Dimas berhasil menciptakan lapangan pekerjaan bagi ratusan anak muda atau generasi milenial kreatif di Sidoarjo. Dia memang ingin menciptakan generasi muda yang mandiri, generasi milenial yang menjadi pengusaha. Mereka secara langsung mendampingi pelaku UMKM dengan ide-ide kreatif mereka.
Mulai dari pembuatan dan desain produk, pemasaran produk, konten kreatif di media sosial, tanggapan terhadap konten, hingga pembuatan konten edukasi terkait produk UMKM. “Hal itu untuk meningkatkan minat dan penjualan produk mereka,” imbuhnya.
Dengan semangat dan komitmennya dalam memajukan UMKM di Sidoarjo melalui inovasi digital, Muhammad Zakaria Dimas Pratama memberikan inspirasi bagi para pengusaha muda lainnya untuk terus berjuang dan memanfaatkan peluang di era digital saat ini. (*)