SURON.CO, Surabaya – Pengusaha muda asal Surabaya Tom Liwafa kembali menggelar Deliwafa Fest untuk kedua kalinya di JX International Expo. Festival tersebut berisi konser musik dari Ndx Aka, Gildcous, dan Fakedopp. Selain itu terdapat 30 UMKM lokal Surabaya yang menjajakan produknya kepada pengunjung.
Tom mengatakan, Festival UMKM kali ini lebih condong menampilkan produk lokal dan mempopulerkan karya musisi yang bergerak di aliran musik Jawa. “Kami memperkenalkan produk lokal dan mengundang guest star yang mayoritas penyanyinya dari Jawa dan mempopulerkan lagu Jawa juga,” kata Tom.
Acara yang digagas Tom tersebut rupanya sangat diminati kalangan milenial dan Gen Z. Hal itu tampak dari antusias pengunjung yang hadir antre hingga 60 meter.
Menurut Tom, ada peningkatan daya tarik dari pelaku UMKM maupun jumlah pengunjung dalam acara tersebut lantaran beberapa stan pameran disediakan secara gratis.
“Artinya, perekonomian mulai bangkit, peminat produk lokal, peminat band-band lokal melonjak luar biasa. Acara ini mendukung kuat UMKM dan produk-produk Indonesia,” ujarnya.
Seperti halnya yang dialami oleh Rani Rubiyanti. Dia mengaku terbantu dengan banyaknya pengunjung sehingga dagangan lumpianya laku keras. “Ini tadi baru beberapa jam sudah laku lima boks lumpia. Satu boksnya isi 120 biji. Pemasukan lumayan kalau ada acara seperti ini,” tuturnya.
Sementara itu, salah seorang pengunjung Stella Febila mengatakan, senang dengan acara festival UMKM dibalut konser seperti ini. Selain melihat band-band yang sedang perform, dia bisa menikmati aneka jajanan yang dijual dari UMKM.(*)