SURON.CO, Jakarta – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) ikut membantu pengembangan UMKM di dalam negeri. Salah satu cara Apindo memperluas peluang bisnis dengan menghubungkan investor.
Dalam kesempatan ini, Apindo menggelar UMKM Merdeka Festival. Festival berlangsung 28 Juli-1 Agustus 2023 di Grand Indonesia. Terpilih 259 UMKM dari beragam kategori yang sukses mengikuti festival dari 602 UMKM yang telah mendaftar.
11 persen merupakan UMKM kategori makanan segar, kategori minuman (7 persen), kategori bahan makanan (47 persen), dan kategori fashion, kriya dan lainnnya (35 persen). Dari keseluruhan UMKM yang mengikuti festival, terdapat 21 persen UMKM yang telah melakukan ekspor.
Ronald menegaskan, di tengah arus perkembangan yang terus berubah, Apindo percaya bahwa UMKM adalah tenaga penggerak utama untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif.
“Festival ini tidak hanya mendemonstrasikan ragam produk dan produk-produk UMKM yang luar biasa, tetapi juga menghadirkan peluang bisnis yang tak ternilai harganya. Dalam semangat inklusi, kami menyelenggarakan business matching yang menghubungkan investor dengan UMKM unggulan,” ujarnya.
Sementara, Ketua Umum Apindo Shinta W. Kamdani mengungkapkan jika Apindo UMKM Merdeka Festival merupakan salah satu dari 4 program Apindo untuk menciptakan pertumbuhan inklusif.
“Pemberdayan sektor UMKM melalui Apindo UMKM Merdeka Festival dapat menciptakan pertumbuhan inklusif, di mana UMKM berkontribusi 61,9 persen terhadap Produk Domestik Bruto atau PDB dan menyerap 97 persen tenaga kerja,” imbuh dia.(*)