SURON.CO, Surabaya – Untuk meningkatkan pemahaman terhadap kewirausahaan sosial (sociopreneur), mahasiswa UPN Veteran Jatim membuat sebuah program kampanye sosial dan edukasi, Edukasosial. Target kampanye ini adalah tiga wirausaha muda, pemilik bisnis Oonigirazu, Macpop, dan 75Coffee.
Pelaksanaan kampanye ini dimulai dengan penyampaian materi mengenai Urgensi Sociopreneur di Kalangan Generasi Muda. Kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama dan tanya jawab seputar sociopreneur dan bisnis yang sedang dijalankan.
Kampanye ini dirancang dengan sesi mentoring yang intensif, dimana pemilik bisnis akan dibimbing dan diarahkan untuk mendapatkan pengetahuan yang cukup. Terkait dengan bagaimana bisnis yang mereka jalankan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.
Selain itu, mahasiswa UPN Veteran Jatim juga mengadakan kegiatan sosialisasi dan pendampingan terhadap dua UMKM lokal di wilayah Surabaya, yaitu Warung Sedep Marem dan D’Pawon Qyu. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan dukungan kepada UMKM dengan cara meningkatkan nilai tambah pada produk yang mereka tawarkan serta meningkatkan profil pasar mereka.
Mahasiswa membantu UMKM Warung Sedep Marem dan D’Pawon Qyu dalam membuat desain banner, logo, dan kemasan produk. Sebagai upaya untuk meningkatkan identitas visual dan daya tarik pasar, mahasiswa UPN Veteran mengambil langkah inisiatif dengan mendesain ulang logo UMKM D’Pawon Qyu.
Desain baru ini bertujuan untuk mencerminkan kualitas dan nilai unik yang ditawarkan oleh produk, sekaligus membuatnya lebih menarik dan mudah dikenali oleh pelanggan. Sementara itu, Warung Sedep Marem juga mengalami transformasi pada desain banner yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan memperkuat branding UMKM di pasar.(*)