SURON.CO, Surabaya – Piala AFF U-19 yang digelar di Kota Surabaya menjadi hikmah bagi UMKM pembuat suvenir. Mereka kebanjiran orderan membuat mulai dari kaos atau jersei, stiker direct to film (DTF), dan totebag berlogo Piala AFF U-19 hingga kombinasi tulisan Piala AFF U-19 dan logo Suroboyo.
Dengan begitu, otomatis pundi-pundi cuan kembali berdatangan ke para UMKM pembuat suvenir. Salah satu pelaku UMKM suvenir yang kebanjiran orderan berada di Kawasan Kendangsari, Surabaya.
Para pekerja terlihat sibuk menyelesaikan pembuatan suvernir untuk didistribusikan di Surabaya Kriya Galeri (SKG) Siola, Jembatan Merah maupun di Jalan Lingkar Dalam Timur Surabaya (Surabaya Middle East Ring Road/MERR).
Menurut UMKM pembuat suvenir Mustika Wulandari, suvenir ini menjadi momentum memeriahkan Piala AFF U-19 sekaligus menyedot minat suporter yang berasal dari dalam dan luar Surabaya untuk mendukung penuh Tim Garuda Muda dengan mengenakan suvernir buatannya.
Dia mengaku, produksi suvenir tersebut juga salah satu bentuk kerja sama dengan Pemerintah Kota Surabaya. Proses produksi dimulai sejak 12 Juli 2024. Setelah mendapat informasi dari Dinas Koperasi dan Perdagangan (Dinkopdag) Pemkot Surabaya, pihaknya lantas membuat desain dan mengirim beberapa desain untuk persiapan produksi.
Saat ini, Mustika mengaku, telah mencetak 3 lusin kaos, dan 1 lusin jersei piala AFF U-19. Sementara itu, pihaknya juga telah memproduksi 40 buah dengan desain yang berbeda-beda. Untuk harga, Mustika mengaku cukup ramah dikantong. Sehelai kaos cotton combed 30s dibanderol Rp 70.000-80.000. Sementara itu, cotton combed 24s mulai dari harga Rp 80.000-90.000. Lalu totebag dengan desain menarik dibanderol Rp 30.000-40.000 dan untuk stiker DTF itu mulai Rp 10.000-20.000. “Jersei ini harganya Rp 120.000 dengan bahan DriFit Brasil yang setara jersei premium,” ungkap Mustika.
Untuk desain, Mustika tetap menonjolkan logo dan ciri khas Suro dan Boyo, lalu dipadu dengan logo resmi AFF U-19 Boys Champion 2024.
Mustika berharap, momen kali ini dapat memperoleh hasil yang maksimal, terutama dari segi penjualan dapat meningkat melampaui penjualan suvenir Piala Dunia U-17 lalu. Dia mengungkapkan, pada kesempatan yang sama juga memproduksi desain khusus tentang Surabaya.(*)