SURABAYAONLINE.CO – Adanya perkembangan zaman memberikan kemudahan kepada setiap orang terkait aktivitas yang akan atau telah dilakukan. Hal tersebut tentunya berdampak pada kegiatan yang tadinya asing dilakukan namun saat ini menjadi kebutuhan.
Sebut saja, Media Sosial. Facebook, Instagram, Twitter merupakan salah satu dari sekian banyak contoh nyata yang diberikan akibat dari zaman yang telah berkembang.
Manfaat media sosial tidak hanya berhenti dalam memudahkan interaksi dengan orang-orang yang jauh melainkan juga ikut berkembang mengikuti perkembangan zaman. Banyak pelaku media sosial telah menggunakan media sosial sebagai dari alat untuk membangun personal branding.
Personal branding mengacu pada proses membangun persona publik untuk target yang dituju. Hal ini melibatkan dengan hati-hati dan akurat dalam mengkomunikasikan nilai-nilai, keyakinan dan tujuan.
Sederhananya, personal branding merupakan cara seseorang memasarkan diri ke orang lain, entah di media sosial ataupun kehidupan nyata.
Jeff Bezos mengatakan bahwa “Personal branding adalah apa yang dikatakan orang tentang kamu, ketika kamu tidak berada di ruangan tersebut”.
Tidak hanya itu, personal branding menjadi salah satu cara yang efektif sebagai support system dalam dunia kerja dan karir.
Sebagian orang menggunakan media sosial untuk membangun persona di depan publik. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan orang lain kepada kita melalui personal branding di media sosial.
Bahkan bagi sebagian orang yang memiliki pekerjaan seperti dokter, pengusaha, politisi dan lainnya, media sosial memiliki kekuatan yang besar dalam membentuk personal branding yang diinginkan.
Oleh karena itu, kami akan memberikan tips dalam membangun personal branding melalui media sosial, diantaranya:
1. Mengetahui Motivasi Diri
Yang paling penting dan paling dasar dalam membentuk personal branding ialah mengenal apa yang dinginkan dan diminati. Pertanyaan seperti, apa yang menjadi tujuan serta minat, seharusnya dijawab terlebih dahulu untuk memfokuskan personal branding yang diinginkan.
2. Rapikan Media Sosial
Langkah selanjutnya ialah dengan merapikan media sosial. Lakukan dengan menghapus tulisan atau foto yang tidak sesuai dengan branding yang dinginkan.
Selanjutnya, menggunakan foto profil atau meng-uploud foto serta tulisan yang senada dengan personal branding.
3. Konsisten
Langkah ini merupakan langkah yang terakhir dan menjadi yang terpenting. Dibutuhkan ketekunan serta kesabaran dalam mencapai personal branding yang diinginkan.
Selain itu, konsisten harus diimbangi dengan mudahnya beradaptasi pada perubahan zaman. Di masa depan, berbagai macam perubahan akan menanti dan perlu persiapan dalam melewatinya.
(Vega)