Minke.id – Tiga mitra binaan PT BPR Jatim (Perseroda) atau Bank UMKM Jatim sukses menembus pasar Indonesia Timur dalam ajang misi dagang dan investasi ke Ambon, Maluku. Kegiatan ini merupakan inisiatif Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk memperluas akses pasar bagi produk unggulan UMKM, dengan skema government to business (G2B) dan business to business (B2B).
Tiga UMKM yang mewakili Bank UMKM Jatim dalam misi dagang ini adalah Zyllan Leather dari Sidoarjo, Yumi Snack dari Blitar, dan Kampoeng Melon The Pradah dari Kabupaten Kediri. Ketiganya merupakan penerima manfaat program pembiayaan unggulan seperti Prokesra dan PKPJ, yang menawarkan bunga ringan, pendampingan intensif, dan fleksibilitas pembayaran.
Zyllan Leather, produsen kerajinan kulit rumahan, mencuri perhatian calon mitra di Ambon. Bahkan, Zyllan diminta memberikan pelatihan produksi lokal. “Kami senang produk Zyllan Leather bisa dipasarkan ke Maluku,” ujar pendirinya, David Iswaluddin.
Sementara itu, Yumi Snack, usaha keripik rumahan milik Tarmini, mulai menjajaki peluang distribusi ke wilayah timur Indonesia. “Misi dagang ini memberi saya pengalaman dan harapan baru. Terima kasih Bank UMKM Jatim,” ungkapnya penuh semangat.
Tak kalah menarik, Kampoeng Melon The Pradah yang dikelola Suyanto, membawa teknologi pertanian modern ke Ambon. “Bantuan PKPJ memungkinkan saya membangun greenhouse. Tanpa itu, mungkin butuh bertahun-tahun,” jelasnya.
Plt Direktur Utama Bank UMKM Jatim, Irwan Eka Wijaya, menegaskan pentingnya pembukaan akses pasar baru untuk UMKM binaan. “Kami percaya, saat UMKM diberi akses ke pasar baru, bukan hanya bisnisnya yang tumbuh, tetapi juga martabat dan semangat pelakunya. Misi dagang ini adalah perjalanan pemberdayaan,” ujarnya.
Misi dagang dan investasi Pemprov Jatim dan Provinsi Maluku tahun 2025 mencatat nilai transaksi sementara sebesar Rp450,6 miliar, meningkat signifikan dari Rp232,7 miliar pada Desember 2021. Kehadiran Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Maluku Hendril Lewerissa menandai pentingnya kerja sama strategis berbasis UMKM.