Minke.id – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus memperluas akses layanan keuangan bagi masyarakat di berbagai daerah, termasuk Kabupaten Jember, Jawa Timur. Sebagai salah satu pelopor perbankan digital di Indonesia, CIMB Niaga menghadirkan inovasi layanan yang memudahkan nasabah, mulai dari transaksi harian hingga pengelolaan bisnis.
Melalui OCTO Mobile dan OCTO Clicks, nasabah dapat bertransaksi, membuka tabungan, mengajukan pinjaman, dan berinvestasi dari mana saja. Tak hanya itu, CIMB Niaga juga menghadirkan OCTO Merchant yang memfasilitasi pembayaran cashless dengan QRIS, di mana hasil transaksi langsung masuk ke rekening merchant secara real-time, membantu menjaga arus kas pelaku usaha.
Head of Region Jawa Timur CIMB Niaga Rhena Octaria menilai Jember memiliki potensi besar, terutama di sektor agribisnis, perkebunan, dan pariwisata.
“CIMB Niaga hadir dengan layanan perbankan komprehensif melalui cabang dan kanal digital, memberikan solusi keuangan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan pelaku usaha di Jember,” ungkap Rhena, Selasa (13/8/2025).
Selain layanan keuangan, CIMB Niaga juga rutin mengadakan Ngobrol Biznis (NGOBIZ) pada 2024 dan 2025 sebagai wadah berbagi wawasan peluang, tantangan, dan strategi pengelolaan keuangan bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Jember.
Tak hanya fokus pada layanan finansial, CIMB Niaga juga berkomitmen pada prinsip Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (LST). Hingga semester I/2025, hampir 25% pembiayaan bank atau senilai Rp57,6 triliun dialokasikan untuk mendukung transisi menuju ekonomi rendah karbon dan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) PBB.
Corporate Communications Head CIMB Niaga Hery Kurniawan menegaskan, pihaknya ikut mendukung perdagangan karbon internasional melalui Indonesia Carbon Exchange (IDX Carbon) sejak Januari 2025, serta meningkatkan penggunaan energi terbarukan dengan pemasangan panel surya di sejumlah kantor operasional.
“Kami membangun bisnis berkelanjutan dengan sinergi aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial, dan tata kelola. Sejalan dengan tujuan Advancing Customers and Society, kami ingin nasabah di Jember dan seluruh Indonesia merasakan manfaat positif secara inklusif,” jelas Hery.
Dengan kombinasi layanan digital modern, dukungan pada UMKM, dan komitmen pada keberlanjutan, CIMB Niaga optimistis dapat membantu masyarakat Jember mengembangkan usaha dan meningkatkan taraf hidup.
Melalui inovasi seperti OCTO Mobile, OCTO Merchant, hingga program edukasi bisnis, CIMB Niaga membuktikan bahwa transformasi perbankan digital dapat berjalan seiring dengan pembangunan ekonomi yang ramah lingkungan dan inklusif.