Minke.id – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI melalui Divisi Optimasi dan Pemasaran Produk Mustahik (OPPM) menyelenggarakan Pelatihan Konten Media Sosial dan Affiliate Marketing bagi masyarakat di Kota Malang. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, 9–10 September 2025, dan diikuti oleh 30 pelaku UMKM binaan BAZNAS Kota Malang serta BAZNAS Microfinance Desa (BMD) Malang.
Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan, MA, menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan mengasah kreativitas masyarakat dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran produk.
“Kalau sebelumnya hanya mempromosikan produk UMKM secara konvensional, melalui pelatihan ini mereka bisa menjangkau konsumen lebih luas lagi di pasar digital,” ujar Saidah, Rabu (10/9/2025).
Saidah menambahkan, tidak mudah bagi UMKM untuk beralih dari platform konvensional ke digital. Karena itu, BAZNAS tidak hanya memberikan bantuan modal, tetapi juga pendampingan berkelanjutan.
“BAZNAS berkomitmen mendampingi sampai para pelaku UMKM benar-benar mandiri dan siap bersaing di pasar digital,” tegasnya.
Sementara itu, Plt. Direktur Pemberdayagunaan BAZNAS RI, Eka Budhi Sulistyo, menjelaskan peserta mendapatkan materi strategi affiliate marketing, mulai dari pemilihan produk dan platform hingga cara memperoleh komisi dari setiap penjualan melalui tautan afiliasi.
“Peserta juga diajarkan teknik membuat konten kreatif serta praktik optimalisasi media sosial untuk pemasaran produk. Bahkan, mereka akan mendapatkan bimbingan intensif selama enam bulan pasca pelatihan,” jelas Eka.
BAZNAS juga menyediakan peralatan konten untuk setiap kelompok peserta agar mereka dapat langsung mengimplementasikan ilmu yang diperoleh.
Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Divisi Optimasi dan Pemasaran Produk Mustahik (DOPP) BAZNAS RI, Deden Kuswanda, Ketua BAZNAS Kota Malang Prof. Dr. Kasuwi Saiban, MA, serta jajaran wakil ketua. Selain itu, turut hadir pengusaha dan praktisi digital marketing Coach Edo serta konten kreator Malang Coach Hariobbi sebagai narasumber.
Dengan adanya pelatihan ini, para pelaku UMKM di Kota Malang diharapkan mampu meningkatkan penjualan melalui media sosial dan marketplace. Optimalisasi konten kreatif dan affiliate marketing diharapkan dapat membuka akses pasar lebih luas, sehingga UMKM menjadi lebih mandiri dan berdaya saing