SURABAYAONLINE.CO – Bicara tentang persaingan seharusnya sudah bukan hal baru bagi kita semua, karena tanpa disadari sejak kita lahir hingga sampai saat ini, kita sudah terbiasa berada dalam sebuah persaingan. Tak terkecuali dalam sebuah bisnis yang tentunya pasti akan menemui pesaing didalam perjalanannya.
Dalam menjaga eksistensi sebuah bisnis, diperlukan sebuah strategi untuk bertahan ditengah ketatnya persaingan. Kepuasan pelanggan menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam mempersiapkan bisnis untuk dapat bersaing dengan yang lain.
Sederhananya, kepuasan pelanggan adalah seberapa puas pembeli dengan kualitas produk dan layanan yang mereka dapatkan dari penjual atau pelaku usaha.
kepuasan pelanggan lebih mengarah pada perasaan senang atau kecewa dari seseorang yang muncul setelah membandingkan produk maupun jasa dari apa yang mereka pikirkan dengan apa yang mereka harapkan.
Dari pendapat tersebut, maka kita dapat mengambil kesimpulan jika pelanggan merasa puas maka kemungkinannya pelanggan ini akan bertahan dengan produk yang telah dibeli dalam jangka waktu lama. Begitu pula sebaliknya. Kepuasan pelanggan juga menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan yang juga berdampak pada tingkat penjualan.
Setelah mengetahui pengertian terkait kepuasan pelanggan. Ada 3 alasan mengapa kepuasan pelanggan sangat penting, diantaranya adalah:
1. Membuat bisnis lebih populer
Kepuasan pelanggan juga dapat berfungsi sebagai promosi unik bagi pelaku bisnis. Hal ini membantu bisnis menonjol dalam industri yang kompetitif.
Konsumen tidak lagi menilai produk dari harga tetapi berdasarkan evaluasi kepuasan yang didapat melalui produk tersebut.
Jadi, ketika bisnis anda memberikan pengalaman yang luar biasa kepada pelanggan maka hal itu berfungsi sebagai pembeda utama antara bisnis anda dengan bisnis yang lain.
2. Mencegah pelanggan berpaling
Jumlah pelanggan yang keluar atau berpaling dari produk anda tergantung dari kepuasan yang didapatkan.
Pengalaman negatif yang didapatkan akan menghasilkan kepuasan yang rendah terhadap pelanggan. Begitupun sebaliknya.
3. Menjadi media promosi dari mulut ke mulut
Ketika kepuasan pelanggan tinggi, konsumen cenderung akan merekomendasikan bisnis anda.
Menurut penelitian oleh Accenture, 55% konsumen menunjukkan loyalitas dengan merekomendasikan produk atau jasa yang mereka sukai kepada teman dan keluarga.
Pelanggan yang puas akan membagikan rekomendasi bisnis anda melalui media sosial mereka, mendiskusikannya di tempat kerja, dan merekomendasikannya kepada orang-orang terdekatnya. Tidak ada yang lebih kuat dari promosi bisnis yang dihasilkan melalui pengalaman positif pelanggan.
Sementara itu, untuk memperoleh kepuasan pelanggan bisa dilakukan melalui beberapa hal, diantaranya:
1. Prioritaskan Konsumen
Jangan pernah biarkan pelanggan menghadapi masalah terkait produk atau jasa yang didapatkan.
Misalnya, jika produk rusak atau layanan salah urus, jangan salahkan pelanggan atau jangan katakan bahwa mereka tidak mengikuti petunjuk yang telah diarahkan.
Sebaliknya, cobalah untuk memenuhi kebutuhan mereka dan ingat bahwa pelangganlah yang selalu benar.
2. Jangan Buat Pelanggan Menunggu
Menunggu adalah salah satu faktor kunci yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan dalam bisnis.
Ketika orang dibuat menunggu terlalu lama untuk mendapatkan sesuatu, itu menimbulkan tanda kekecewaa pada pelanggan. Misalnya, jika suatu produk atau layanan melewatkan tenggat waktu pengirimannya, mereka mungkin mengira penjual salah menangani pesanan mereka.
3. Optimalkan Kemudahan Bagi Pelanggan
Apa yang dimaksud kemudahan di sini adalah mulai dari kemudahan dalam mendapatkan produk hingga proses transaksi pembayarannya.
Tentu saja pelanggan tidak ingin menunggu terlalu lama dan membuang waktu mereka, maka kuncinya adalah berikan layanan dan kemudahan bagi pelanggan.
Hal ini berlaku juga terkait kemudahan dalam menyesuaikan fungsi produk bagi pelanggan. Misalnya, dengan memberikan video atau tulisan terkait petunjuk penggunaan produk.
Sementara itu, tidak cukup oleh ketiga tips tadi, pelaku bisnis bisa mengeksploitasi kreativitas untuk membangun kepuasan pelanggan sehingga nantinya dapat menumbuhkan sikap loyalitas terhadap konsumen. (Vega)