Minke.id – Founder dan Group CEO Baba Rafi Enterprise, Hendy Setiono, memberikan materi inspiratif mengenai usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam rangka peringatan HUT ke-79 Persit Kartika Chandra Kirana PD V/Brawijaya. Dalam sesi pemaparannya, Hendy membagikan perjalanan bisnisnya dalam membangun Baba Rafi dari usaha kecil hingga menjadi merek kuliner global.
“Kami menekankan beberapa strategi utama dalam pengembangan bisnis, seperti pentingnya memiliki Unique Selling Point (USP), inovasi berkelanjutan, serta kolaborasi sebagai kunci pertumbuhan UMKM,” ujar Hendy dalam acara yang digelar di Surabaya, Jumat (21/2/2025).
Antusiasme peserta begitu tinggi, terlihat dari kehadiran ratusan anggota Persit dari berbagai daerah, seperti Ngawi hingga Banyuwangi, baik secara langsung maupun daring melalui platform Zoom. Sesi tanya jawab berlangsung interaktif, di mana peserta aktif mengajukan pertanyaan terkait strategi bisnis dan tantangan dalam menjalankan UMKM saat ini.
Dalam suasana penuh semangat, Hendy juga melontarkan candaan yang mengundang tawa peserta.
“Bisnis itu seperti rumah tangga, harus ada komitmen, inovasi, dan tentu saja harus kuat menghadapi cobaan. Bedanya, kalau bisnis gagal, bisa bangkit lagi. Kalau rumah tangga? Wah, itu harus usaha lebih keras,” katanya.
Melalui seminar ini, diharapkan semakin banyak pelaku UMKM yang terinspirasi untuk berinovasi dan mengembangkan bisnis mereka agar mampu bersaing di pasar yang lebih luas.
“Sehingga, UMKM bisa lebih berdaya saing dan naik kelas,” tambah Hendy.
Acara ini dibuka oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah V Brawijaya, Vira Rudy Saladin, yang menekankan pentingnya peran UMKM dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga prajurit.
Seminar ini turut dihadiri oleh Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Rudy Saladin, serta Irdam V/Brawijaya, Brigjen TNI Ramli, yang memberikan dukungan penuh terhadap pemberdayaan UMKM di lingkungan Persit.
Dengan adanya pelatihan dan dukungan dari berbagai pihak, UMKM diharapkan mampu tumbuh dan berkembang menjadi kekuatan ekonomi yang lebih besar, baik di tingkat lokal maupun nasional.